Welcome 2022

Kembali dalam masa galau di mana kita memikirkan ulang apa saja pencapaian yang sudah dilakukan setahun ke belakang dan apa saja yang ingin kita capai setahun ke depan. Wkwkwk. Sejujurnya sudah lama saya meninggalkan euforia untuk membuat resolusi, karena biasanya cuma jadi wacana aja ya yang begitu tuh. :’) Eh, tapi kalau ada yang suka bikin resolusi dan selalu dijalankan, sih bagus banget ya keren banget. Keep up the great work! Ini mah masalahnya akunya aja yang selalu kesulitan buat konsisten.

Tapi lucunya menyambut 2022 ini aku ada kembali sedikit ketertarikan untuk membuat target maupun tantangan untuk diri sendiri. Setelah kerja serabutan sana sini sampai lupa ngurusin diri sendiri, ujung-ujungnya diludahin juga sama yang ngasih kerja dengan alasan gak jelas. Ehem.. politik dalam pekerjaan memang ternyata mengerikan, ya. Yang niat beneran kerja cuma buat duit aja susah banget kena jegal terus. Wkwk. Banyak kejadian-kejadian yang bikin saya mikir pokoknya di akhir tahun ini. Banyak mikir ulang akhirnya entah gimana saya kangen banget sama kebiasaan-kebiasaan positif yang dulu sering saya lakukan.

Dulu saya seneng banget creating something then share it, for the sake of fun aja. Foto-foto, nulis, make up, gambar, review, pokoknya banyak. Dan itu bikin saya senang walau waktu itu tetap aja ada bisikan-bisikan maut di dalam diri saya yang memaksa kalau itu bukan bekerja. Pikir-pikir 2 tahun terakhir ini dikasih coba kerja langsung rodi banget saya jadi tahu banget rasanya kerja abis-abisan juga kayak apa. Dari sini saya mikir kayaknya PR saya buat 2022 adalah untuk menemukan titik tengah atau balance dari keduanya.

Nah, karena itu daripada aku tulis di note pribadi doang ya aku pikir coba aja share di sini siapa tau ada yang mau join bikin resolusi juga buat 2022.

BACK TO BASIC: READ MORE

Dulu sebagian besar waktu saya dihabiskan di kamar dengan membaca. Baca, baca, baca. Semua dibaca. Komik, majalah, buku, berita, tweet orang, artikel, pokoknya semua. Nonton masih juga. Jadi kebayang ya berapa banyak informasi dan inspirasi yang masuk ke dalam otak saya hari-hari itu. Setelah kerja, saya bener-bener skip membaca buku. Majalah NatGeo yang dulu langganan udah saya stop beli, karena toh enggak dibaca. Kemudian beli buku juga udah bukan jadi prioritas.

Memang, sih uang selalu jadi kendala dan batasan. Tapi bener, sih setelah kerja banting tulang kek orang gila, saya tahu kalau uang itu enggak bisa dikejar. Ujung-ujungnya habis juga kalau dikejar. Saya harus investasi terus supaya uang bisa ngejar saya. Dan investasi terbaik yang saya tahu adalah investasi ke diri sendiri, salah satunya dengan terus belajar melalui membaca.

CREATE AND SHARE MORE

Tahu enggak setelah saya bekerja apa yang terjadi sama saya yang dulu suka banget sharing di internet? Saya berhenti sharing. Because it does not fun anymore, it is work. Apalagi kalau yang ngasih kita kerjaan selalu enggak puas sama kerjaan kita. Kalau hasilnya bagus mereka diem aja, kalau jelek mereka maki-maki atau misuh-misuh. Wkwkwk. Bukannya kerja enggak bagus, sih. Aku belajar banget dari kerja dan tahun 2022 pasti masih kerja juga kok kalau ada tawaran. Kenapa juga tolak? Working is fun, especially with the right people. Yang jadi masalah adalah mungkin kemarin ini saya belum menemukan titik tengah antara bekerja dan berkarya. Saya belajar bahwa passion enggak bisa jadi kerjaan utama. Kerja ya kerja, karya ya karya. Kalau suatu hari karya bisa menghidupi, ya syukur. Kalau enggak, ya jangan dicampur aduk. Nanti baper. Hehehe.

Makanya menuju akhir tahun kalau ada yang follow saya di Instagram atau Twitter mungkin agak ngeh kalau saya mulai rajin sharing lagi. I am back online and I will try to be consistent to share. Setelah kerja saya sering mikir kalau yang di-upload harus yang udah matang sempurna tanpa cacat. Harus revisi berkali-kali draft dan bahkan visually appealing. Pikiran dan pertimbangan gitu menutup saya untuk sharing and posting. Padahal dulu enggak perlu gitu. Don’t take out the fun. Just create.

LAST BUT NOT LEAST, PUT HEALTH BACK AS PRIORITY

Pernah memang ada fase dalam kehidupan saya di mana saya sangat zen. Wkwk. Saya sangat fokus dengan kesehatan dan wellness. Aciye, wellness. Wkwk. Begitu saya di posisi fight mode untuk memperjuangkan kondisi finansial, saya kerja terus dan itu menjadikan hal pertama yang saya korbankan tentunya adalah kesehatan. Baik fisik maupun mental.

Yang saya tahu, kesehatan itu masalah aksi, bukan kondisi. Enggak pernah ada orang ang 100% sehat fisik dan mental karena namanya hidup ya selalu ada masalah. Tapi apakah kita tiap hari berusaha dengan aksi untuk membuat kondisi kesehatan kita lebih baik atau enggak, itu kan yang jadi poinnya. Akhir tahun ini saya mikir banget setelah habis manis sepah dibuang berkali-kali sampe saya mikir,”oh.. jadi gue relain kesehatan diri buat begini doang? Tai juga.” Wkwkwkwk. That is quite a revelation, eh. Makanya di 2022 saya akan kembali makan berkesadaran dan mulai olahraga lagi. Apapun, deh olahraganya pokoknya segala beban mental di tubuh ini harus dikeluarkan.

Mungkin segitu aja ye jangan banyak-banyak tar terbeban ujung-ujungnya enggak dilakuin. Kalian sendiri ada resolusi apa, nih buat 2022? Coba masukin ke resolusinya: sering-sering pantengin berbagai channel punya Nicole typingcatninja. Wkwkwkwk. Thanks, ya buat yang udah baca. Semoga akhir tahun kalian menyenangkan. 🙂

XOXO,

N.A.