30 Hari Bercerita – 26 Januari 2022

LIFEHACK

Mungkin lifehack yang ini terdengar klise, tapi sama seperti saya, kayaknya banyak yang harus diingatkan sekali lagi:

KALAU CAPEK, YA ISTIRAHAT

Manusia bukan robot. Kita punya tubuh, mental dan jiwa. Ketiganya yang menjadikan kita manusia yang utuh. Ketiganya tidak bisa terus menerus digas. Bengek, hyung.

Istirahat.

Istirahat bisa untuk tubuh, bisa untuk pikiran, bisa untuk perasaan. Pokoknya sehari ada 24 jam, seminggu ada 7 hari. Kalau memang bawaannya sulit istirahat, jadwalin aja ada waktu untuk tidak melakukan kerjaan apapun.

Di tengah-tengah semakin padatnya kehidupan manusia modern, memang istirahat bisa jadi satu hal yang dianggap tabu. Tapi tubuh, pikiran dan perasaan kita kan cuma satu. Coba dikasih waktu. Dunia bisa menunggu.

30 Hari Bercerita – 25 Januari 2022

Capek ngeluh terus, di cerita ini saatnya saya bersyukur. Beberapa waktu lalu liat postingan yang mengingatkan kita bahwa salah satu kemenangan kita bukan tentang materi atau owning, tapi justru ketika kita berhasil melepaskan diri dari kemelekatan yang tidak sehat (toxic bahasa jakselnya wk).

Kata-kata itu membuat saya bersyukur karena saya setidaknya berhasil memulai 2022 dengan lepas dari sebuah hubungan yang berat sebelah. Setelah lama merasa kurang nyaman dan setelah menilik-nilik lagi saya sadar sepertinya saya lebih banyak memberi dan dia terlalu nyaman menerima.

Rasanya? Lega dan bebas.

Dadah, keong racun. 👋