30 Hari Bercerita – 02 Januari 2023

Setiap manusia punya isu dan candunya masing-masing yang harus diselesaikan. Ketika tidak diselesaikan, maka manusia akan dihadapkan dengan situasi yang serupa, yang akhirnya membentuk sebuah pola. Seperti putaran. Tidak ke mana-mana. Seperti pusaran. Menarik hingga ke jurang.

Beberapa tahun lalu ketika aku mendengar kalimat ini, mereka tidak pernah lepas dari pikiranku: hidup manusia adalah tentang perjalanan ke dalam.

Kerap kali kalimat tersebut kuulang-ulang dalam hati bagai sebuah rapalan mantra. Hal itu untuk pengingat bahwa pekerjaanku yang sebenarnya adalah memperbaiki diriku sendiri.

Beberapa hari ini aku kembali melihat sebuah pola terjadi. Namun bukan aku yang menjadi pusatnya, orang lain yang melakukannya. Aku hanyalah saksi. Pola ini terus terjadi hingga semalam akupun berucap: dia pasti punya isu yang harus diselesaikan.

Ucapan tersebut berbalik kepadaku. Membuatku sadar bahwa aku pun terlibat dalam polanya sebagai saksi. Apa candu yang harus aku lepaskan kali ini? Pelajaran apa yang harus aku hadapi?

Aku harap aku bisa menyelesaikan ini dengan baik. Karena aku tidak mau berenang di pusaran.

Hidup manusia itu tentang perjalanan ke dalam. Sudah sejauh mana kamu berani melangkah?